Selasa, Juni 30, 2009

Ngertiin Cewek

I don’t understand this beast! Gitu kata seorang cowok dengan sadisnya, saking empetnya karena nggak pernah ngerti apa maunya sang pacar. Apa bener sih, cewek segitu susahnya dipahami?

Cewek itu mahluk yang paling susah dipahami, begitu kata banyak orang. Makanya kalo lagi pacaran, you don’t need to understand her; just love her! Lo nggak perlu ngerti apa maunya dia, yang penting lo bisa nunjukin kalo lo sayang ama dia.

Pendapat ini nggak seluruhnya bener. Memang kita bisa mengabaikan bahasa tarzannya dia, dan nyayangin dia sesimpel mungkin. Tapi boleh taruhan, pasti masih adaaaa… aja yang salah di mata cewek. Pasti kita dibilang nggak sensitif, man.

Sebenernya, kebuntuan dalam berkomunikasi ini awalnya karena cowok dan cewek tuh berbeda dalam memproses informasi yang masuk ke otak. Jalan pikiran mereka memang beda dari kita. Begitu juga persepsi, prioritas, dan tingkah lakunya.

Segala informasi itu lalu dicurahkan lewat uneg-uneg, karena cewek tuh berusaha membangun hubungan lewat pembicaraan. Dalam sehari, rata-rata cewek bisa bicara 20.000 kata (rata-rata cowok cuma 7.000 kata). Bayangin kalo kita mesti menerjemahkan langsung ribuan kata itu. Apa nggak berasep tuh kepala kita?

BAHASA NGGAK LANGSUNG

Hal pertama yang perlu kita ketahui, di dunia ini ada beragam jenis cewek. Ada tipe yang manja dan haus perhatian, ada yang cuek dan mandiri, ada yang badung dan percaya diri. Ribetnya lagi, ada pula yang paket kombinasi: dari luar lembut tapi dalemnya tricky banget! Wuaah….

Karena jenisnya yang beda-beda itu, lain-lain pula penanganannya. Elo mungkin pernah ngadepin problem sama tipe cewek manja, yang dalam buku-buku psikologi sering diceritakan lewat Strategi “Sepatu Biru atau Emas”.

Suatu ketika, cewek lo –sebut aja Ayu- minta pendapat tentang sepatu mana yang lebih cocok dipakai buat baju pestanya. Di mata elo, kedua sepatu itu sama aja keliatannya. Tapi ketika elo menjawab “sepatu yang biru”, Ayu merengut. Elo dibilang nggak fashionable, nggak suka pilihan dia, atau malah nggak peduli sama sekali.

Mendengar umpan balik kayak gitu, jelas elo jadi superduper dongkol. Kenapa mesti nanya, kalo semua jawaban dianggap nggak bener?

Saat itu, sebenernya Ayu sedang menggunakan bahasa yang cuma bisa dimengerti cewek: bahasa tidak langsung atau indirect speech. Ayu sebenernya udah mutusin mana sepatu yang mau dipakainya, dan nggak bermaksud minta pendapat. Yang dia pengenin adalah konfirmasi dari elo kalo dia keliatan cantik.

Indirect speech ini sebenernya isyarat tentang apa yang sebenarnya dia maui.

Tujuannya buat menghindari konflik, sehingga lo nggak kesel atau marah-marah sama dia. Tapi karena kita nggak cukup sensitif buat memahami bahasa nggak langsung itu, akibatnya fatal. Kita kan, langsung-langsung aja kalo mau nyampein sesuatu.

Tapi coba, kalo lain kali elo ditanya lagi sama Ayu. Elo bisa jawab dengan, “Kamu udah pilih yang mana?” Let’s say Ayu bilang yang emas, maka respons lo selanjutnya adalah, “Iya, menurut aku juga lebih bagus yang emas. Pasti pas banget sama bajunya.” Dijamin, hidung Ayu jadi kembang kempis dan makin sayang sama elo.

Nggak susah, kan? Cuma butuh sedikit kejelian dan cepat tanggap buat menguasai keadaan kayak gini. Inget sekali lagi, cewek tuh ngomong cuma buat sharing, bukan minta pendapat atau jalan keluar. See? Hasilnya malah menghemat tenaga dan pikiran.

AMATI GERAK-GERIKNYA

Cara lain untuk mengerti cewek adalah dengan mengamati gerak-geriknya, atau ngikutin gayanya dalam menghadapi masalah.

Misalnya gini, nih. Yang paling aman saat ngadepin cewek cuek atau cewek badung adalah dengan main tarik-ulur. Cewek cuek biasanya sebel kalo ditelponin terus, dicek mulu posisinya. Biarin aja kalo dia maunya begitu. Cukup sesekali aja kalo pengen tau keberadaannya. Nanti kalo dia lagi pengen diperhatiin, elo boleh jual mahal dikit.

Soal tarik-ulur, ini juga pinter-pinternya elo. Kelewat diulur, bisa-bisa cewek lo diembat orang. Dan ini yang perlu diwaspadai: cewek sekarang tuh udah jauh lebih pinter dan banyak akal ketimbang dulu. Mereka tau kalo punya gebetan lain itu sekarang bukan cuma hak milik cowok. Pasti kamu nggak nyangka kalo mereka ngeduain elo.

Saat cewek ngelirik cowok lain aja, lo pasti nggak nyadarin. Soalnya cewek punya jangkauan sudut pandangan yang lebih besar ketimbang cowok. Kalo diukur dari hidung, katanya sih bisa mencapai 45° ke arah kiri-kanan-atas-bawah, bahkan ada yang mencapai 180°. Makanya mata cewek bisa ngelaba tanpa perlu takut ketahuan. Sementara kalo cowok pasti dibilang jelalatan kalo kepergok lagi ngeliatin cewek lain (kecuali kalo lo terus terang bilang, “Eh, cantik ya tuh cewek?” Pacar lo pasti lebih bisa menerima).

Penelitian juga mengungkapkan kalo mata cewek ngeliat bodi cowok sama seringnya, bahkan lebih sering, ketimbang cowok ngeliatin bodi cewek. Tapi, dengan daya pandang yang jauh lebih superior, cewek jarang ketahuan. Sementara cowok kalo ngeliat sesuatu lebih terfokus sehingga gampang ketauan.

Kalo cewek lo mulai bertingkah, atau seperti cari-cari masalah sama elo, bisa dipastikan dia sebenernya sedang mencari jalan buat mutusin elo. Cewek selalu berusaha mencari cara yang halus buat nyampein sesuatu. Karena elo nggak bikin salah apa-apa, dia nggak tega buat bicara terus-terang. Itu pasti bakal nyakitin lo.

Soal cewek selingkuh, kita biasanya juga nggak bakalan bisa ngerti latar belakangnya. Elo pasti bingung kalo ada cewek yang punya pacar keren, pinter, dan baik, tapi masih main-main sama… anak band sih, tapi jelek, dekil, sekolahnya asal-asalan lagi. What the hell is she thinking?

Beda sama cowok, cewek tuh nggak kelewat mentingin penampilan dalam milih pacar. Buat mereka yang penting tuh, bawaan tuh cowok. Dalam pemikiran kita, kurang apa sih cowok yang keren dan pinter itu? Tapi cewek mungkin mencari sesuatu yang nggak didapat dari cowok yang pinter dan baik itu. Mungkin spontanitasnya, mungkin keliarannya, atau bahkan tengilnya?

Nggak semua cowok punya sisi liar kayak yang digilai cewek itu. Tapi elo juga nggak usah kuatir mati pasaran. Biar bagaimana, prinsip saling melengkapi itu tetep dibutuhin semua orang yang lagi pacaran. Elo yang lebih kalem atau dingin, pasti juga dibutuhin cewek-cewek dengan karakter yang bertolak belakang. Tenang aja.

Jurus Andalan Cewek

Kata-kata yang diucapkan cewek, biasanya punya arti ganda, tergantung konteksnya. Kebanyakan sih, makna sebenernya justru bakal bikin kita empot-empotan.

“Bonekanya lucu, deh!”

Dia nggak cuma menganggap boneka itu lucu, tapi juga pengen dibeliin. Nggak usah menjawab, “Boneka kamu kan udah banyak?” Yang penting iyain aja dulu, “Kapan-kapan kita beli, ya?” Terus berharap aja dia bakalan lupa sama tuh boneka.

“Nanti aku yang telpon.”

Dia sebenernya nggak mau ditelponin, karena entah lagi kelayapan sama temen-temen ceweknya atau lagi sama cowok lain. Dia pengen bikin kamu merasa aman bahwa dia bakalan telpon, padahal mungkin nggak.

“Aku lagi males, pengen di rumah aja.”

Ini tanda-tanda kalo dia justru pengen melakukan sesuatu yang lain, dan bukan bareng elo. Bisa jadi bareng temen-temen ceweknya, atau malah sama gebetan barunya. Jangan nekad pergi sendiri bareng temen-temen ngeband lo, mending temenin aja dia di rumah.

“Aku nggak tau siapa yang mesti aku pilih.”

Kejadiannya kalo elo tau dia juga lagi jalan sama cowok lain. Pas ditanya, siapa yang dipilih, dia bilang nggak tau. Padahal kalimat itu jelas maksudnya: dia sebenernya memilih cowok lain itu, tapi nggak mau terkesan bersalah.

“Aku udah capek.”

Capek dalam hal ini artinya bukan cuma capek habis olahraga, tapi capek dengan hubungan elo berdua. Dengan kata lain, dia sebenernya udah pengen putus tapi nggak mau nyakitin elo. (*)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kaskus.Us

Copy Paste Copyright © 2009 Original Designed by Ipietoon Edited by akunamasao