Sabtu, Agustus 01, 2009

Istilah istilah dalam Kampus

mengenal terlebih dahulu istilah-istilah yang sering di gunakan di lingkungan kampus.

Quote:
Semester..
Mungkin kalian2 semua sudah sering mendengar istilah ini sejak masih di sekolah,.
Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya program jenjang pendidikan. Program jenjang pendidikan lengkap dari awal sampai akhir dibagi dalam penyelenggaraan semesteran. Usaha mahasiswa dalam menyelesaikan program satu jenjang lengkap, dibagi ke dalam usaha semesteran. Setiap awal semester seorang mahasiswa harus merencanakan program studinya pada semester itu dan harus bersedia dievaluasi keberhasilannya pada setiap akhir semester.
Penyelenggaraan pendidikan semester dalam bentuk kuliah, praktikurn, studio, Kerja Lapangan, Kerja Profesi dan Karya Seni/Skripsi, akan diumumkan pada setiap awal semester. Satu semester lamanya kurang lebih 22 minggu yang terbagi atas 16-18 minggu kerja untuk penyelenggaraan program belajar mengajar, evaluasi/ujian-ujian akhir semester, selebihnya adalah untuk minggu tenang dan lain-lain. Jenjang lengkap program pendidikan Sarjana S-1 adalah 8 semester, dengan sebutan semester 1, semester 2 dan seterusnya.
Semester 1,3,5,7dan seterusnya disebut semester Ganjil.
Semester 2, 4, 6, 8 dan seterusnya disebut semester Genap.

Quote:
Sistem Kredit Semester (Sks)
satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggi dan khususnya bagi tenaga pengajar.

Quote:
Kartu Rencana Studi (KRS)
perencanaan studi pada semester berikutnya yang dilaksanakan dengan memasukkan rencana mata kuliah yang akan diambil setelah mendapatkan persetujuan dari Dosen Wali oleh mahasiswa secara langsung.Biasanya pengisian KRS dilakukan sebelum memasuki perkuliahan semester baru.

Quote:
Indeks Prestasi (IP)
adalah nilai kredit rata-rata yang merupakan satuan nilai akhir yang menggambarkan mutu penyelesaian suatu program studi.
Indeks Prestasi dihitung pada setiap akhir semester.




IP = E(bobot X SKS) : E SKS


Quote:
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan angka yang menunjukkan Prestasi atau Kemajuan Belajar mahasiswa secara kumulatif mulai dari semester pertama sampai dengan semester paling akhir yang ditempuh.
IPK digunakan sebagai kriteria dalam pemberian Sanksi Akademik dan evaluasi studi pada akhir program.
Seorang mahasiswa dinyatakan lulus dari Program Strata-I, Diploma-III atau Diploma-I apabila telah memiliki IPK > 2.00 tanpa Nilai E.

Perhitungan Indeks Prestasi Kumulatif, sbb :


IPK = E(bobot X SKS) seluruh Semester : E SKS Seluruh Semester


Quote:
Ujian Tengah Semester (UTS)
Kalian2 semua pasti sudah tau apa itu uts,karna pada saat sekolah mungkin sudah ada yang menggunakan sistem UTS,,UTS ialah Evaluasi yang di lakukan pada tengah semester..
Klo buat gw pribadi, UTS merupakan check point sebelum mencapai Finish,,.
Ujian Akhir Semester (UAS)
Hampir sama dengan ujian tengah semester,,namum UAS Di laksanakan pada akhir penyelenggaraan Semester,Disini lah Final dari 6 bulan Kita mencari ilmu di kampus,,..…[/quote]

Quote:
Quizzz
Istilah Kuis di Kampus bukan di artikan sebgai Kuis yang sering Kalian lihat di Televisi,,Melainkan kuis bisa di sebut juga dengan ujian Dadakan yang gunanya untuk menambah nilai mahasiswa/wi.

Quote:
Kisi-Kisi
Ini yang biasanya di tunggu Oleh para mahasiswa sebelum menghadapi Ujian,kisi-kisi adalah kumpulan soal dan jawaban prediksi.,Biasanya para dosen yang pengertian akan memberikan kisi-kisi kepada mahasiswanya sebelum menghadapi Ujian…
Quote:
Skripsi
Skripsi adalah karangan ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa sebagai persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Tujuan Skripsi adalah melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian secara utuh, mulai dari mengenal dan merumuskan masalah, merumuskan tujuan penelitian dan hipotesis, merancang cara (metodologi) pengumpulan & analisis data, rnenulis laporan penelitian dan mempertanggung jawabkan hasilnya secara akadernik. Skripsi dapat diambil mahasiswa dengan syarat telah menempuh kuliah minimal 120 sks /Tergantung dari peraturan kampus tersebut.. Unsur unsur yang diperlukan untuk melakukan skripsi telah dipelajari sejak semester satu, Topik skripsi yang diambil mahasiswa tentu saja mencerminkan program studi yang diikuti atau sesuai dengan bidang yang diminatinya..

Quote:
TESIS
Adalah karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh para Mahasiswa Strata dua (S-2).
Quote:
DESERTASI
adalah karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh para Mahasiswa Strata Tiga (S-3).

Quote:
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Kalau dalam sekolah kita mengenal dengan sebutan Ekskul, kegiatan organisasi kemahasiswaan ini.sifatnya lebih Luas,selain dapat bersosialisasi dengan para mahasiswa lain,kadang-kadang bisa jg sebagai ajng bertukar pikiran visi dan misi. Ikutan UKM sekalian latihan juga untuk memahami isi kepala rekan-rekan dengan frame of refferences dan field of experiences-nya masing-masing..
Mengelola orang-orang dengan backmind yang tentu saja berbeda-beda inilah seni dari ikutan UKM..seru lho..
Tapi hati-hati..agan2 yang ingin bergabung Harus bisa mengatur jadwal kuliahnya,,jangan sampai gara2 ikut UKM jadwal kuliah kalian terganggu…
14.Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa departemen.
Organisasi mahasiswa intra kampus selain BEM, adalah Senat Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan. Ada atau tidaknya masing-masing, bergantung pada perkembangan dinamika mahasiswa di setiap kampus.
Rektor (dari bahasa Belanda rector)
adalah sebutan untuk orang yang memimpin universitas. Pada tahun 1950-an dipakai istilah "Presiden Universitas" untuk menyebut pemimpin universitas namun Presiden RI saat itu, Soekarno, merasa keberatan karena menurutnya hanya ada satu Presiden di Indonesia yakni Presiden RI sehingga kemudian istilah yang dipakai secara umum adalah rektor.


Quote:
Dekan

Dekan adalah sebutan untuk orang yang memimpin fakultas

Dosen

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

semester pendek [ buat ngulang mata kuliah yang ga lulus di masa liburan]

Dosen Killer = Dosen yang di benci seluruh mahasiswa di kampus karena ke sok iyean dalam mengajar atau pun terlalu serius di dalam SKS bisa juga karena dendam terhadap mahasiswa[ biasanya dosennya ga laku2 dalam percintaan atau masih jomblo di umur 30 s/d 50 tahun ]

KKN >>Kuliah Kerja Nyata

KP>>Kerja Praktik (bener ga kepanjangannya??})

K3M>>Kuliah Kerja Kesehatan Masyarakat (khusus FK UGM)

T.A = TUGAS AKHIR

biasa di gunakan oleh anak anak Fak.Teknik tingkat akhir untuk meyebut sebuah skripsi tp pada dasarnya sama ajh sih gan mungkin karena tugasnya tinggal itu ajh yah ato tumakanya di sebut tugas akhir.

cumlaude = manusia ber-IPK 3.5 ke atas
suma cumlaude = manusia ber-IPK 4

mata kuliah = mata pelajaran
take home test = ujian yg dikerjain di rumah/kost
asdos = asisten dosen
sekre = sekretariat
registrasi administrasi = bayar uang kuliah
registrasi akademik = ngisi KRS buat ngambil perkualiahan

Non Skrip alias kagak bikin tugas akhir skripsi, palingan tiwas aja karena pas sidangnya, ditanyain mata kuliah apaan aja tergantung dosen penguji yg ada.

IP ROTRING= IP 0,
IP nasakom= IP nasib 1,..

posisi menentukan prestasi= waktu ente2 ujian, nyari tempat plg strategis buat NYONTEK-->don't do it

3 komentar:

Unknown on 26 September 2015 pukul 21.14 mengatakan...

Sip

Unknown on 10 November 2015 pukul 08.23 mengatakan...

ada yang tau nggak kepanjangan dari NRL ?

Mahasiswa Unusa on 16 September 2018 pukul 18.53 mengatakan...

Terima kasih mas, sekarang jadi tahu istilah istilah yang sering di gunakan di perkuliahan, sangat membantu sekali bagi mahasiswa baru seperti saya

Posting Komentar

 

Kaskus.Us

Jasa Murah Edit & Bikin Blog

Copy Paste Copyright © 2009 Original Designed by Ipietoon Edited by akunamasao